Informasi Teknologi Benda Apa yang Paling Keras di Bumi? teknomediatama.blogspot.com

Anda tahu benda apa yang paling keras? Benda paling keras di Bumi ini adalah Intan. Mineral ini sangat keras sehingga dapat memotong berbagai benda, termasuk batuan padat. Hanya intan yang dapat memotong intan lain. Jadi, intan digunakan untuk memotong batu mulia lain. Mineral ini tahan terhadap serangan zat kimia, dan tak pernah menjadi kusam karena tergores.

Intan termasuk permata yang langka. Intan terbentuk sangat lama, usianya tak pernah kurang dari satu milyar tahun. Intan mengandung 100 persen karbon murni yang terbentuk dari tekanan yang sangat tinggi. Intan memiliki kilau yang indah, membuat orang mengagumi permata ini dan menjadi simbol kecantikan bagi wanita. Sumber

Kenapa intan menjadi benda paling keras didunia, karena intan merupakan alotrop karbon tersusun atas atom karbon yang terikat bersama-sama dalam susunan kisi tetrahedral. Dalam struktur intan, setiap atom C memiliki 4 elektron valensi yang dipakai bersama untuk membentuk ikatan kovalen dengan 4 atom C lainnya, sehingga terbentuk struktur tetrahedral. 

Keempat atom C dalam satu struktur tetrahedral juga dapat membentuk 4 ikatan kovalen lagi dengan atom-atom C lainnya, sehingga terbentuk struktur atau molekul kovalen raksasa yang simetris dan sangat stabil. Untuk memisahkan atom-atom C tersebut dibutuhkan energi yang sangat besar. 

Hal inilah yang menyebabkan kenapa intan bersifat sangat keras dan memiliki titik leleh dan titik didih yang sangat tinggi (titik leleh = 3600 derajat celcius dan titik didih = 4830 derajat celcius). Intan atau berlian atau diamond merupakan alotrop karbon yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan hingga saat ini intan dikenal sebagai mineral alami yang paling keras dimana belum ada mineral lain yang berhasil menggores atau memotong intan selain intan itu sendiri. Sumber

Dalam ukuran skala Mohs, intan menduduki skala paling tinggi yaitu 10 Mohs. Berikut saya tampilkan tabelnya.
Sumber:Wikipedia

Dalam hal ini, intan mampu menggores atau bisa membelah benda-benda/ mineral lain yang tingkat skalanya dibawah intan. Selain mahal ternyata intan juga benda terkeras di bumi kita ini.

Kejahatan dan Intelektual


Secara Logika, benda yang paling keras akan mampu menghancurkan benda-benda lain, hal ini menimbulkan ide bagi para perampok khususnya yang sedang marak saat ini adalah kejahatan pecah kaca mobil. Saya kan sedikit bercerita dimana saya sendiri telah menjadi korban pecah kaca mobil ini. Saat itu mobil terparkir disebuah rumah makan karena ramai, jadi mobil parkir agak  jauh tetapi masih terlihat bagian belakang mobil, singkat cerita setelah selesai makan, tiba-tiba kaca mobil sebelah kiri sudah pecah seribu alias hancur, tetapi aneh nya alarm mobil tidak berbunyi walhasil tas yang isinya dompet dan handphone pun raib. 

Saya menjadi bingung dan penasaran, kok bisa pecahin kaca tapi tidak ada suara dan alarm tidak berbunyi. Dari sedikit informasi yang saya dapat, komplotan pecah kaca ini menggunakan busi motor bekas untuk memecahkan kaca mobil tersebut, saya pikir bisa jadi, karena pada bagian bawah busi motor ini agak sedikit runcing, jadi mudah untuk memecahkan kaca mobil, tapi jika memang seperti itu, otomatis alarm mobil akan berbunyi jika ada benturan keras. Lalu apa ya?

Lalu saya coba tanya sama mbah Google, dan saya menemukan fakta yang saya sendiri tidak pernah terpikir sampai kesana, ternyata pada bagian busi itu ada material porselen/keramik, yang berwarna putih. Jelas mudah bagi para penjahat untuk memecahkan kaca mobil, tingkat kekerasan porselen/keramik adalah satu tingkat di atas kaca, anda bisa lihat tabel diatas. 

Para penjahat memecahkan bagian warna putih pada busi menjadi bagian-bagian kecil, lalu bagian kecil tersebut dilumat atau dicampur dengan air agar bisa merekat, setelah pecahan-pecahan tadi menyatu tinggal dilempar kearah kaca dan ini tidak perlu tenaga yang besar, inilah yang menyebabkan alarm mobil tidak berbunyi, karena tingkat skala Mohs porselen/keramik diatas kaca, jadi dengan mudahnya kaca pecah.

Kenapa tidak menggunakan batu? Jika para penjahat menggunakan batu, maka perlu banyak tenaga untuk memecahkan kaca tersebut karena batu skala Mohs nya dibawah kaca dan jika menggunakan batu maka alarm akan berbunyi karena adanya benturan keras. 

Kenapa tidak menggunakan intan? Kan intan adalah benda/mineral yang paling keras? Kalau penjahat  menggunakan intan untuk pecah kaca mobil, berarti dia adalah penjahat yang paling oon sedunia. Ngapain coba pecahin kaca mobil pakai intan, mending dijual terus bisa beli mobil toh. Hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar