Informasi Teknologi Anda Tahu Kenapa Kursor Mouse Pada Komputer dibuat Miring? teknomediatama.blogspot.com

image : Ist via kompas
Apakah pernah terpikirkan oleh anda, mengapa desain kursor mouse pada komputer dibuat miring? mungkin karena terlalu sering melihat kursor jadi pertanyaan tersebut tidak pernah terlintas dalam pikiran anda. Kursor yang selama ini kita gunakan atau kita lihat umumnya berupa tanda panah dan ditampilkan miring 45 derajat ke kiri. Akan tetapi, tahukah bahwa sebelumnya kursor dibuat tegak? Lalu mengapa dibuat miring?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita mesti kilas balik ke masa awal mouse dibuat, di era tampilan komputer masih berupa susunan piksel resolusi rendah. Menurut penjelasan dari situs Stack Exchange, Mouse dan Kursor pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968 dan memang awalnya kursor memang dibuat tegak lurus.

image : Ars Technika via Kompas


Namun, saat komputer Xerox PARC dibuat sekitar tahun 1970-an, kursor Mouse kemudian dibuat miring. Mengapa dibuat miring? Alasannya, karena dengan layar resolusi rendah pada zaman itu, kursor mouse yang tegak lurus susah dicari di layar. 

Dengan piksel resolusi rendah, tampilan kursor sulit dibedakan dengan obyek-obyek lain yang ditampilkan layar komputer, apalagi saat itu tampilan layar masih monokrom. Karena itu, dengan membuat kursor yang melintang 45 derajat, itu akan mempermudah pengguna mencari kursor di layar.

Setelah itu, kursor miring ke kiri temuan Englebart tersebut kemudian diadopsi oleh pembuat-pembuat software komputer hingga sekarang. Hal tersebut termasuk dilakukan oleh pencipta Apple, Steve Jobs, yang meminjam kursor tersebut untuk Mac OS-nya, dan kemudian Bill Gates dengan Windows-nya. 

Jadi itulah kenapa kursor mouse dibuat miring, Intinya teknologi yang dibuat tujuannya adalah untuk mempermudah kita dalam melakukan hal apapun, apalagi pada zaman yang serba canggih sekarang ini. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar